Wakil Ketua DPR RI Kunjungi Ponpes DDI Galesong Baru Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar bersilaturahmi dengan sejumlah ulama dan santri di Pondok Pesantren Darud Da'wah wal Irsyad (DDI) Galesong Baru Makassar, Senin, (1/3/2022) lalu. 

Pada kunjungan tersebut, Cak Imin sapaannya didampingi oleh sejumlah Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, seperti Andi Muawiyah, Cucun Ahmad Syamsurijal Ketua Fraksi PKB di DPR RI serta Ketua PKB Sulsel Azhar Arsyad dan DPC Makassar Fauzi Andi Wawo.

Pada kesempatan itu, Cak Imin yang juga Ketua PKB disambut oleh sejumlah ulama DDI seperti AGH Alwi Nawawi, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar AGH Baharuddin dan Pembina Ponpes DDI Galbar Ahmad Taslim Matammeng.

Muhaimin Iskandar mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan bangga diterima dengan sangat mulia di DDI. Apalagi memang ada sejarah panjang ikatan Nahdlatul Ulama dan DDI. Bahkan kata dia jauh sebelum dari tantangan awal pengembangan NU, yakni saat KH Hasyim Asy'ari berkunjung ke Sulsel.

"Silaturahmi ini merupakan tali perjuangan ahlussunnah wal jamaah bersama pesantren DDI yang secara historis amat sangat membanggakan dan sangat memiliki peran untuk menciptakan pemimpin ummat dan masyarakat," kata dia.

Cak Imin mengatakan, semua patut bersyukur karena kipra para ulama dan pesantren yang berperan melahirkan generasi tangguh dan SDM yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Kita punya optimisme dari pesantren untuk menjaga dan menguatkan seluruh bangsa. Bahkan ke depan kita masih yakin dan optimis dengan perkembangan zaman. Insyaallah kaum santri dengan nilai ajaran dan spiritual yang kokoh akan bisa mengadaptasikan keadaan untuk bangsa ini," katanya.

Sementara itu Pembina Ponpes DDI Galesong Baru Makassar Ahmad Taslim mengatakan, DDI dan NU memang punya ikatan historis yang sangat kuat. "Tahun KH Hasyim Asy'ari 1952 pernah bertemu dengan AGH Ambo Dalle pendiri DDI, dan hari ini nasab dari pendiri NU tersebut kembali hadir silaturahmi dengan warga DDI," katanya.

Dirinya mengaku, sangat berterima kasih kepada Cak Imin karena masih bersedia hadir di tengah-tengah keluarga besar DDI Galbar. "Ini suatu kehormatan untuk kami karena Wakil Ketua DPR RI hadir di Ponpes yang berada di dalam lorong," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Cak Imin juga menandatangani prasasti peresmian Rumah Tahfiz Abdurahman Matammeng DDI Galbar yang mulai dibuka pada tahun ini.(rls)